TUJUAN DICIPTAKANNYA MANUSIA

Kita semua sudah mafhum bahwa sesungguhnya segala sesuatu yang ada di dunia ini bersifat fana. Begitu juga dengan kehidupan manusia, hanya sebentar saja. Sehingga ada ungkapan urip iku ibarat mampir ngombe, atau dalam bahasa Indonesia hidup itu hanya untuk singgah minum. Oleh karena hidup yang tidak lama tersebut, sudah seharusnya kita memperhatikan kembali tujuan diciptakannya manusia. Di dalam Al Qur’an Alloh SWT. berfirman:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka menyembah-Ku”. (QS. Adz Dzariyat: 56).

Ayat di atas secar eksplisit menjelaskan bahwa tujuan diciptakan manusia adalah untuk beribadah, dan hanya menyembah kepada Allah SWT. Senada dengan ayat tersebut, di dalam ayat lain Alloh SWT. berfirman:

الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ

Dari ayat tersebut dapat di pahami bahwa tujuan dicipatakannya kematian dan kehidupan adalah untuk menguji siapa di antara manusia yang baik dalam beramal dan beribadah kepada Alloh SWT. Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana kriteria beribadah dan beramal yang baik itu? Di dalam tafsir Humad dijelaskan bahwa kriteria amal ibadah yang baik itu ada dua. Pertama, amal ibadah tersebut harus banyak dan dilakukan secara ikhlas tidak didasari riya’, mengerjakan suatu ibadah yang bernilai akhirat dengan tujuan untuk mendapatkan kedudukan dan kemulyaan dari sesama manusia. Kriteria kedua yaitu amal ibadah tersebut harus benar sesuai dengan sumber hukum islam.

Dari uraian singkat tentang tujuan penciptaan manusia agar beribadah kepada Allah SWT  dapat disimpulkan bahwa tujuan tersebut mendidik manusia untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, karena ibadah dapat dikatakan sempurna apabila dilaksanakan atas dasar landasan iman kepadaNya. Semakin tinggi tingkat keimanan seseorang, maka semakin tinggi pula kualitas ibadah yang dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *